Pelayanan BPJS rumah sakit dievaluasi

  • Whatsapp

Sekupang, BatamEkbiz.ComĀ – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam akan mengevaluasi seluruh pelayanan kesehatan, termasuk rumah sakit yang melayani BPJS dalam Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda). Pasalnya, masih ditemukan keluhan masyarakat tentang pelayanan pihak rumah sakit tentang BPJS.

“Sebenarnya sosialisasi kami tentang BPJS sudah tepat, tapi masih saja ada keluhan masyarakat tentang susahnya pengurusan BPJS di rumah sakit,” kata Kepala DinkesKota Batam Chandra Rizal.

Dia mengatakan, Rakerkesda digelar hari ini, di lantai IV Kantor Wali Kota Batam. “Semua pelayan kesehatan kami undang, diantaranya pihak puskesmas, klinik, kepala rumah sakit, dan stakeholder BPJS,” ujarnya.

Ia menuturkan, ada 15 rumah sakit yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan untuk pelayanan BPJS, tapi hanya 10 rumah sakit yang sudah MoU di Batam.

“Rumah sakit yang limanya adalah rumah sakit swasta, dan untuk masyarakat lebih baik mengajukan rujukan BPJS ke rumah sakit pemerintah,” jelas Chandra.

Menurutnya, pelayanan BPJS di rumah sakit pemerintah lebih diprioritaskan. Selain pelayanannya lebih maksimal, obat-obatannya juga sudah disediakan untuk pasien BPJS.

“Ya, sama-sama kita ketahui kalau di rumah sakit swasta, pasti ada masalah. Dan dalam Rakerkesda akan kami beri pengarahan itu rumah sakitnya,” katanya.

Sedangkan untuk pelayanan puskesmas, sudah 17 puskesmas tersebar di Batam, dan untuk tahun ini tidak ada penambahan. “Dalam satu puskesmas mencakup 30 ribu penduduk, dan dari 17 puskesmas itu telah memenuhi untuk masyarakat,” ujar Chandra.

Untuk petugas puskesmas pembantu yang tidak berada di tempat, Chandra membantah isu tersebut. “Ada bidan, tapi mungkin mereka pulang cepat karena bidan kita masih muda dan sering diganggu warga setempat,” ungkapnya. (R04)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *