Pendaftaran Bantuan UKM Diperpanjang Sampai November
Surat perpanjangan pendataan Usaha Mikro di Kota Batam.

Batam, BatamEkbiz.com – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam membuka kesempatan bagi UKM yang ingin mendapatkan bantuan Rp2,4 juta. Bantuan UKM melalui pendataan program Bantuan bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM) ini diperpanjang sampai November 2020.

Perpanjangan waktu pendataan program BPUM ini tertuang dalam Surat Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam Nomor 498/KUM/V/X/2020. Surat ini ditujukan kepada Camat se-Kota Batam.

“Terkait hal tersebut di atas, apabila masih ada pelaku usaha mikro di wilayah kerja Saudara yang belum mengusulkan dapat diusulkan kembali ke Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam, untuk selanjutnya diteruskan kepada Kementerian Koperasi dan UKM RI di Jakarta,” bunyi surat yang ditandatangani Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam, Suleman Nababan tersebut.

Adapun ketentuan persyaratan mengacu pada Surat Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam Nomor 368/KUM/V/VIII/2020 tertanggal 10 Agustus 2020 tentang Pendataan Program BPUM.

Baca juga: Pendataan UKM Terdampak Corona, Sejumlah Kelurahan di Batam Tidak Transparan

Adapun persyaratan bagi UMKM mendapatkan bantuan tersebut di antaranya:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Memiliki Nomor Induk Kependudukan
  • Memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BPUM dari pengusul BPUM beserta lampirannya yang merupakan satu kesatuan
  • Bukan Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota TNI/Polri, atau pegawai BUMD.
  • Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan.

“Surat usulan beserta lampiran dan surat pernyataan dari pelaku usaha (asli) sudah diterima pada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam paling lambat tanggal 25 November 2020 (hardcopy dan softcopy),” bunyi surat tersebut.

BPUM diberikan kepada pelaku usaha mikro untuk menjalankan usaha di tengah krisis akibat pandemi Covid-19 dalam rangka program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). BPUM diberikan satu kali dalam bentuk uang sejumlah Rp2,4 juta untuk pelaku usaha mikro yang memenuhi kriteria tertentu. Dana BPUM tersebut akan disalurkan langsung ke rekening penerima BPUM. (re)