Pjs Walikota Batam Dukung Konversi Bank Riau Kepri Syariah

  • Whatsapp
Seminar perbankan syariah bersama ahli perbankan Islam Indonesia dan anggota DPRD Provinsi Riau di Pekanbaru, Kamis (1/10/2020).

Batam, BatamEkbiz.com – Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Batam, Syamsul Bahrum, mendukung rencana Bank Riau Kepri yang akan bertransformasi menuju bank syariah. Ia mendorong bank mitra pemerintah daerah ini terus berinovasi untuk pelayanan yang makin baik bagi nasabah.

“Terus tingkatkan daya saing dan pahami keinginan nasabah,” ujar Syamsul dalam acara penyerahan hadiah secara simbolis program Sinar Bedelau Bank Riau Kepri di Batam, Kamis (8/10/2020).

Bacaan Lainnya

Saat ini Bank Riau Kepri terus menggesa konversi dari bank konvensional ke syariah. Direktur Utama Bank Riau Kepri Andi Buchari mengatakan, konversi menuju perekonomian syariah ini sudah ditunggu-tunggu oleh para pemilik saham dan masyarakat Riau.

“Ini telah diputuskan oleh pemegang saham agar Bank Riau Kepri sesegera mungkin terealisasi menjadi Bank Syariah dan bagaimana kinerja ini bisa dipertahankan di tengah kondisi pandemi Covid-19. Sebisa mungkin kita tingkatkan kebersamaan dengan proses konversi ini,” ujarnya dalam seminar bersama ahli perbankan Islam Indonesia dan anggota DPRD Provinsi Riau di Pekanbaru, Kamis (1/10/2020).

Menurut Andi, perbankan syariah juga telah diterapkan di negara-negara berkembang. Sistem syariah juga digunakan oleh banyak bank di dunia yang lebih dikenal dengan Islamic Bank atau Bank Islam.

Di Indonesia, bank syariah yang pertama kali muncul adalah Bank Muamalat. Jika Bank Riau Kepri Syariah ini terealisasi, maka ini akan menjadi Bank Pembangunan Daerah (BPD) Syariah ketiga di Indonesia setelah Bank Aceh dan NTB.

“Mudah-mudahan Bank Riau Kepri ini menjadi Bank Pembangunan Derah ketiga yang konversi menjadi syariah setelah NTB dan Aceh,” harapnya. (re)