Policy Brief MN KAHMI: Pilkada di Era Pandemi Covid-19

  • Whatsapp

Jakarta, BatamEkbiz.com – Majelis Nasional (MN) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Bidang Politik dan Demokrasi menggelar diskusi dan webinar bertema ‘Desain Pilkada di Era New Normal’, Kamis (4/6/2020) pukul 13.00 WIB. Diskusi dengan isu strategis ini menghadirkan narasumber Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung, Peneliti LIPI Prof. Siti Zuhro, Komisioner KPU RI Viryan Azis, Komisioner Bawaslu RI Rahmat Bagja, dan Deputi V KSP Jaleswari Pramodhawardani. Selaku pengantar adalah Korpres MN KAHMI Sigit Pamungkas dan Moderator Syamsul Qomar.

Dalam policy brief-nya, MN KAHMI menilai pelaksanaan Pilkada Serentak Lanjutan pada Desember 2020 (PSL 2020) melahirkan kontroversi karena dilaksanakan di masa Pandemi Covid-19. Ada sejumlah kekhawatiran disana. Kekhawatiran di antaranya diekspresikan dalam petisi daring di www.change.org.

Bacaan Lainnya

Namun demikian, sejumlah argumen pelaksanaan pemilihan juga menyakinkan, yaitu dengan melakukan sejumlah hal untuk memastikan pemilihan aman Covid-19. Pemerintah saat ini juga sudah mulai membuka sejumlah aktivitas masyarakat.

PSL 2020 akan digelar di 270 daerah, yang terbagi dalam 9 Provinsi, 224 kabupaten, 37 kota. Melalui Perpu No. 2 Tahun 2020 pemilihan yang sedianya dilaksanakan pada bulan September digeser ke Desember 2020. KPU sebelumnya telah menunda empat tahapan pemilihan karena WHO mengumumkan status Pandemi Covid-19. Penundaan meliputi rekrutmen Panitia Pemungutan Suara (PPS), verifikasi calon dukungan calon perseorangan, rekrutmen Panitia Pemutakhiran Daftar Pemilih (PPDP), dan pendaftaran pemilih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *