Polisi Kawal Mogok Kerja di Kawasan Industri Batamindo

  • Whatsapp
Karyawan PT Excelitas di Kawasan Industri Batamindo, Mukakuning, Batam, menggelar unjuk rasa di depan perusahaan, Rabu (7/10/2020).

Batam, BatamEkbiz.com – Mogok kerja yang dilakukan serikat pekerja atau buruh di kawasan perusahaan mendapatkan pengawalan ketat aparat kepolisian, Rabu (7/10/2020). Aksi itu dilakukan buruh untuk menolak pengesahan Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja menjadi Undang-Undang.

Karyawan PT Excelitas Technologies di Kawasan Industri Batamindo Mukakuning, Batam, misalnya, melampiaskan penolakan itu dengan mogok kerja di depan perusahaan. Mengenakan masker dan menjaga berjarak, karyawan yang tergabung dalam Feserasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kota Batam memilih duduk-duduk di atas rumput sambil membentangkan sejumlah spanduk penolakan.

Bacaan Lainnya

Sementara beberapa aparat kepolisian tampak bersiaga di pinggir jalan lingkungan perusahaan. Pengamanan aksi buruh di Kota Batam ini dipimpin langsung Kapolresta Barelang AKBP Yos Guntur Yudi didampingi Wakapolres AKBP Junoto dn Perwira Koordinator Lapangan Kompol Firdaus selaku Kasat Sabhara Polresta Barelang. Kapolresta Yos Guntur mengatakan, dalam pengamanan aksi buruh ini, pihaknya menerjunkan 306 personel. Pengamanan ini juga melibatkan Dit Samapta Polda Kepri yang menurunkan personel 1 SSK, Sat Brimobda Polda Kepri 1 SSK, dan anggota TNI.

“Selama kegiatan berlangsung, tidak ditemukan tindakan anarkis yang dilakukan pengunjuk rasa. Kami berharap kondisi kamtibmas ini dapat dipertahankan, sebab keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi. Jom, kite jaga Batam,” ujar Yos Guntur.

Sementara hari ini aksi demo menolak Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja masih berlangsung di berbagai daerah. Tidak hanya dilakukan kalangan buruh, kalangan mahasiswa yang tergabugn dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) juga akan menggelar demo di Istana Merdeka, Jakarta. Aksi ini diperkirakan diikuti ribuan mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia. (re)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *