Sekupang, BatamEkbiz.Com — Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad mengingatkan para pengemudi kapal motor sangkut supaya memberikan fasilitas keselamatan berupa jaket keselamatan (life jacket) kepada para penumpang.

“Life jacket ini salah satu syarat untuk operasional. Kalau tidak ada alat keselamatannya, tak boleh mengangkut penumpang,” tegas Amsakar saat pemberian bantuan kepada pengemudi motor sangkut di Pelabuhan Sekupang, Kamis, 25 Agustus 2016.

Amsakar saat itu juga memerintahkan Dinas Perhubungan untuk koordinasi dengan instansi terkait lainnya supaya lebih ketat dalam pengawasan. Karena volume keberangkatan kapal penumpang khususnya dengan rute Batam-Belakangpadang ini sangat tinggi.

“Pak Zul (Kepala Dishub) bisa tugaskan tenaga khusus yang bekerjasama dengan syahbandar untuk mengawasi ini. Dishub, KPLP, syahbandar supaya ada langkah kolektif untuk meminimalisir kecelakaan laut,” kata dia.

Amsakar melihat sering kali hal-hal kecil seperti alat keselamatan ini diabaikan. Sebagian orang cenderung “cuek” akan hal ini. Namun setelah sebuah kejadian muncul, barulah timbul kepedulian.

“Padahal hal-hal besar semua dimulai dari langkah-langkah kecil. Belajar kita memaknai hal-hal kecil, menganggap penting hal-hal kecil. Dan belajar disiplin dengan aturan yang berlaku. Kalau aturannya penambang boat pancung ini harus memiliki life jacket maka harus dilakukan,” sebutnya.

Ia berharap bantuan yang diberikan benar-benar dimanfaatkan pengemudi motor sangkut untuk para penumpangnya. Jangan sampai barang yang sudah diserahkan lalu diabaikan dan hilang entah ke mana.

“Saya sekali lagi tekankan pada kita semua, bahwa jaket keselamatan, jaket pengaman itu sangat penting,” tegas Amsakar.

Sebanyak 224 life jacket dan 24 pelampung (ring buoy) dibagikan kepada pengemudi motor sangkut atau boat pancung di Kota Batam. Alat-alat keselamatan ini dibagikan kepada pengemudi motor sangkut di Pelabuhan Sekupang, Pulau Buluh, Bulang, Galang, Sijantung, Air Raja, dan Subang Mas. Selain itu jaket pengaman juga diberikan kepada SDN 013 Geranting Kecamatan Belakangpadang dan angkutan laut Pemerintah Kota Batam. (hms)