Puluhan Warga Batam Terjaring Razia Tak Pakai Masker

  • Whatsapp
Seorang warga Botania, Kota Batam, terjaring razia tim terpadu karena tidak memakai masker, Selasa (15/9/2020).

Batam, BatamEkbiz.com – Puluhan warga Botania, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam terkena razia karena tidak memakai masker. Razia ini digelar Tim Terpadu Penegakan Perwako Covid-19 di Pasar Botania, Selasa (15/9/2020).

Kepala Satpol PP Batam, Salim mengatakan, mereka yang terjaring razia dikenakan sanksi. Hanya saja sanksi yang diberikan bertahap, mulai dari teguran tertulis hingga denda.

Bacaan Lainnya

“Ada puluhan warga terjaring razia di Pasar Botania, jadi kami edukasi dan beri masker. Alasannya macam-macam, ada yang lupa lah,” ungkapnya.

Baca juga: Langgar Protokol Kesehatan di Batam, Ini Sanksinya

Salim menjelaskan, dalam menegakkan Perwako Covid-19, tim terpadu bakal 8 kali turun dalam sebulan. Target razia adalah tempat-tempat keramaian, seperti pasar, kafe, fasilitas publik, dan lainnya.

“Sanksinya bertahap. Kalau terus melanggar dan tidak mau diedukasi akan langsung didenda agar memberikan efek jera,” ujarnya.

Perwako Nomor 49 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Kota Batam diberlakukan efektif mulai Rabu (9/9/2020). Melalui aturan ini, warga diwajibkan menggunakan masker yang menutupi hidung dan mulut hingga dagu, jika harus keluar rumah atau berinteraksi dengan orang lain.

Sanksinya, bagi perorangan berupa teguran lisan atau tertulis, kerja sosial, dan denda administratif Rp250 ribu atau membersihkan fasilitas umum atau ruang publik selama 120 menit. (re)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *