Raih 7.334 Suara, Cen Sui Anggota DPR PAW
Cen Sui Lan dilantik menjadi anggota DPR PAW menggantikan Ansar Ahmad.

Jakarta, BatamEkbiz.com – Rapat Paripurna DPR RI melantik sejumlah Anggota Pengganti Antar Waktu (PAW) di sisa masa jabatan 2019-2024. Salah satunya adalah Cen Sui Lan, Fraksi Golkar dari dapil Kepri. Ketua DPR Puan Maharani memandu pelantikan tersebut di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Senin (7/12/2020).

Selain Cen Sui Lan, DPR juga melantik Y Jacki Uly (F-NasDem/dapil NTT II) dan Bambang Hermanto (F-Golkar/dapil Jawa Barat VIII). Kemudian Rezka Oktoberia (F-Demokrat/Sumatera Barat II). Selanjutnya Hasanuddin Wahid (F-PKB/dapil Jawa Timur V) dan Heru Widodo (F-PKB/dapil Kalimantan Selatan II).

Pelantikan PAW tersebut sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 118/P, 119/P, 120/P, 124/P dan 126/P tahun 2020. Kepres itu tentang Peresmian Pengangkatan Antar Waktu Anggota DPR dan MPR Sisa Masa Jabatan 2019-2024. Puan pun membacakan sumpah calon Anggota PAW tersebut.

“Sebelum memangku jabatan Anggota DPR RI, saudara wajib di sumpah menurut agama Islam. Apakah saudara bersedia?” tanya Puan sebelum memandu pengambilan sumpah. Seluruh calon Anggota DPR PAW pun menjawab dengan tegas ‘bersedia’.

Puan mengingatkan bahwa sumpah itu mengandung tanggung jawab terhadap Bangsa dan Negara Republik Indonesia. Tanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.

Cen Sui Lan menjadi anggota DPR PAW menggantikan Ansar Ahmad yang mundur dari anggota DPR. Ansar mundur karena maju sebagai Calon Gubernur Kepri di Pilkada serentak 2020 Kepri.

Peraih Suara Terbanyak Kedua

Cen Sui Lan merupakan perempuan pengusaha muslimah dari etnis Tionghoa. Istri Raja Mustakim ini merupakan pemilik suara terbanyak kedua dari Partai Golkar di Pemilu Legislatif 2019.

Baca juga: Ansar Ahmad-Marlin Kantongi Rekomendasi Golkar Maju di Pilgub Kepri

Partai Golkar mengusung empat calon anggota DPR pada Pemilu Legislatif 2019. Keempatnya adalah nomor urut 1 Ansar Ahmad, 2 Raja Astagena, 3 Zulbahri, dan 4 Cen Sui Lan.

Pada pemilu untuk anggota DPR dari dapil Kepri, Partai Golkar berhasil meraih 148.887 suara. Raihan suara ini berasal dari akumulasi perolehan suara keempat calon dan suara partai.

Dari keempat calon tersebut, Ansar Ahmad memperoleh suara tertinggi dengan 135.022 suara. Kemudian Cen Sui Lan dengan 7.334 suara, Raja Astagena 6.548 suara, dan Zulbahri 4.453 suara. (re)