Realisasi PMA Batam Naik 46,6 Persen

Seibeduk, BatamEkbiz.Com — Data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), realisasi Penanaman Modal Asing (PMA) di Kota Batam tahun 2016 sebesar Rp6,26 triliun (71 proyek). Realisasi ini meningkat sebesar 46,6 persen dibandingkan periode sebelumnya tahun 2015 sebesar Rp4,27 triliun (63 proyek).

“Kami patut mengapresiasi dengan kemudahan berinvestasi yang diberikan pemerintah, investasi di Batam mulai meningkat,” kata Kepala BKPM Thomas Lembong dalam kunjungannya ke Batam, kemarin.

Kemudahan berinvestasi itu salah satunya melalui implementasi fasilitas kemudahan investasi langsung konstruksi (KLIK). Selain fasilitas KLIK, pemerintah juga memberikan Layanan Izin Investasi 3 Jam (I23J) yang merupakan implementasi percepatan layanan investasi sebagaimana telah dicanangkan di PTSP Pusat, BKPM RI.

Layanan I23J telah diluncurkan pada tanggal 1 September 2016 oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam. Terdapat delapan jenis izin yang diberikan dalam 3 jam yaitu: Izin Investasi/Izin Prinsip Penanaman Modal, Akte Pendirian Perusahaan dan Pengusahaan Perseroan Terbatas, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA), Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA), Angka Pengenal Importir (API), dan Nomor Induk Kepabeanan (NIK). Adapun kriteria yang mendapatkan layanan I23J di Batam yaitu memiliki nilai investasi minimal Rp 50 miliar atau menyerap tenaga kerja sekurangnya sebanyak 300 orang.

Realisasi PMA tersebut umumnya didominasi oleh sektor industri alat angkutan dan transportasi lainnya, serta industri mineral non-logam dan industri kimia dasar. Sedangkan realisasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) pada tahun 2016 sebesar Rp489,5 miliar (75 proyek), mengalami peningkatan yang sangat signifikan sebesar 13 kali lipat dari tahun 2015 sebesar Rp34,7 miliar (77 proyek).

Peningkatan PMDN ini disebabkan oleh peningkatan pada proyek-proyek investasi pertambangan minyak dan gas alam serta proyek-proyek properti di Kota Batam pada tahun 2016. (R03)