Rudi tawarkan beasiswa, Ria pelayanan publik

  • Whatsapp

Batam Centre, BatamEkbiz.Com – Dua pasang calon Walikota dan Wakil Walikota Batam menyampaikan visi-misi di depan anggota DPRD Batam. Keduanya sama-sama memiliki program unggulan untuk membangun daerah ke depan lebih baik lagi.

Dalam penyampaian tersebut, dihadiri para tokoh masyarakat, pimpinan atau perwakilan FKPD Batam, Walikota Batam Ahmad Dahlan, Asisten II Pemprov Kepri dan tentunya para pendukung pasangan Rudi-Amsakar Achmad (Ramah) dan Ria Saptarika-Sulistyana (Rialis). Penyampaian visi misi tersebut dibalut dalam agenda sidang paripurna istimewa dipimpin langsung Ketua DPRD Batam Nuryanto yang dimulai sekitar pukul 10.30 Wib.

Bacaan Lainnya

Ramah yang merupakan pasangan nomor urut 1 mendapat giliran pertama menyampaikan visi dan misi. Amsakar yang pertama menyampaikan visi menyebut berkantor bergiliran di kecamatan-kecamatan merupakan program 100 hari pertama pasangan Ramah.

Selain berkantor di kecamatan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi, FKPD Provinsi, serta instansi vertikal dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di daerah. Kemudian, konsolidasi dengan DPRD, FKPD Kota Batam, guna menyamakan persepsi untuk pembangunan Batam.

Rudi menambahkan beberapa program unggulan mereka setelah terpilih nantinya seperti, revitalisasi infrastruktur kota dan mempersiapkan kanal banjir terintegrasi di beberapa titik simpul perkotaan menuju kota madani.

“Alokasi beasiswa penuh untuk siswa berprestasi yang diterima pada universitas unggulan di Indonesia. Menumbuhkembangkan iklim investasi yang sinergis dan menguntungkan bagi pelaku usaha, pekerja dan segenap stakeholder di daerah serta memfasilitasi tumbuhnya koperasi bahan pokok dan koperasi simpan pinjam untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja,”kata Rudi, pada paripurna tersebut, Selasa (13/10/2015).

Selain itu, ia juga memprioritaskan alokasi dana lebih dari satu miliar rupiah untuk infrastruktur tiap-tiap kelurahan se Kota Batam serta menargetkan capaian APBD Batam menjadi lebih dari empat triliun sampai 2021.

Sementara Ria Saptarika mengatakan pasangan Rialis akan mengusung Batam sebagai smart city, yaitu konsep penataan kota dengan peningkatkan peran infrastruktur publik serta pembangunan yang tidak ego sektoral. Peningkatan pertumbuhan penduduk yang pesat harus dibarengi dengan perencanaan yang tepat. Apalagi, Batam menjadi sasaran urbanisasi.

Ria juga mengemukakan misinya, seperti memperbaiki tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik. e-Governance, partisipasi publik (e-Musrenbang), Pelayanan Publik yang peduli, Optimalisasi dan pemanfaatan database kependudukan.

“Program Prioritasnya meliputi, tata Kelola Pemerintahan secara elektronik yang terpadu (e-budgeting, pajak online), meningkatkan pelayanan berbasis teknologi mobile, program sehari pengurusan KTP,kartu keluarga dan akte lahir,”ujar Ria.

Selain itu, ia juga akan memperbaiki sistem pelayanan publik terpadu Online sampai tingkat kelurahan, program kemitraan dan insentif RT/RW berbasis kinerja dan jaminan perlindungan hukum, pemutakhiran basis database miskin terpadu serta memberikan pendampingan hukum dalam pelaksanaan tugas ASN.

Dalam penyampaian visi misi ini, simpatisan dan pendukung saling meneriakkan ya yel untuk memberikan semangat kepada kedua calon pemimpin tersebut. Suara didalam gedung maupun diluar riuh seketika pasangan tersebut menyampaikan programnya. (R03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *