Batam Centre, BatamEkbiz.Com — Keberadaan rumah ibadah di Batam, selain untuk beribadah bagi umatnya, juga menjadi andalan wisata religi. Pada hari-hari besar keagamaan, tingkat kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) di Kota Batam cenderung meningkat.

Saat ini, wisata religi masih menjadi salah satu tujuan yang paling diminati wisatawan, baik wisman maupun wisatawan domestik. Setiap akhir pekan, wisatawan yang datang ke Batam dari Singapura dan Korea, ramai mengujungi rumah-rumah ibadah, terutama di hari-hari besar keagamaan.

Objek wisata religi di Batam cukup lengkap, tersebar di sejumlah tempat dan menjadi salah satu penarik wisatawan untuk berkunjung.

Di antara wisata religi yang ada di Batam masih didominasi oleh keberadaan rumah-rumah ibadah. Seperti tempat ibadah bagi umat Hindu, Pura yang merupakan satu-satunya di Kepri, dan bagi umat Islam terdapat Masjid Agung Batam di Batam Centre.

Selain itu, juga terdapat tempat ibadah umat Budha, Vihara Duta Maitreya di Seipanas. Vihara Duta Maitreya yang merupakan vihara terbesar di Asia Tenggara dan dibangun pada 1991 di atas lahan seluas 4,5 hektar.

Dalam sejumlah kegiatan promosi, Pemko Batam juga selalu memperkenalkan potensi wisata religi yang terdapat di Batam. Promosi ini sekaligus dilakukan dengan memperkenalkan objek wisata lainnya. (R04)