Connect with us

Pariwisata

Sandiaga Pastikan Penerapan Protokol Kesehatan di Batam

Published

on

Menparekraf Sandiaga Uno di Bandara Hang Nadim Batam

BatamEkbiz.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengunjungi Batam untuk memastikan penerapan protokol kesehatan. Ia juga memantau langsung perkembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah Provinsi Kepri ini.

Menparekraf Sandiaga tiba di Bandara Internasional Hang Nadim Batam pada Jumat (22/1/2021) sekitar pukul 07.45 WIB. Sejumlah pejabat menyambut kedatangannya, salah satunya Asisten II Gubernur Kepri Syamsul Bahrum. Hadir juga Walikota Batam Muhammad Rudi, Kadispar Kepri Buralimar, dan Kadisbudpar Batam Ardiwinata.

“Batam ini punya potensi luar biasa, karena industri kreatifnya berkembang dengan sangat pesat. Jadi target kami dari kunjungan ini adalah bagaimana mempersiapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. Bagaimana kita mempersiapkan juga destinasi wisata dan ekonomi kreatif bangkit dan pulih pascapandemi,” kata Sandiaga.

Sandiaga mengapresiasi penerapan protokol kesehatan di Bandara Hang Nadim. Menurutnya, para petugas telah bekerja maksimal menerapkan protokol kesehatan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability). Mulai dari Polsek Kawasan Bandara Hang Nadim hingga Aviation Security Bandara Hang Nadim.

“Kunci kita untuk bisa mengatasi Covid-19 adalah pertama patuh dulu kepada protokol kesehatan 3M. Memakai masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan. Yang kedua testing, tracing, dan isolasi mandiri. Tadi saya menggunakan fasilitas e-HAC yang pelayanannya sangat baik dari bandara,” ungkapnya.

Selain itu, berdasarkan data yang ia peroleh, Sandiaga menuturkan ada penurunan angka penularan Covid-19 dalam dua pekan terakhir. Sehingga, tidak menutup kemungkinan border tourism dapat diterapkan di Batam pascapandemi Covid-19.

“Jika Batam angka penularan terus menurun, kita mungkin bisa menerapkan border tourism dan menjadikan Batam gerbang Indonesia yang lain setelah Bali. Jadi itu yang akan kami lakukan pertama aspek kesehatannya, dan tentunya di lingkungan pariwisata dan ekonomi kreatif. Bagaimana kita mulai merencanakan program-program stimulus agar pariwisata ekonomi kreatif kita bisa bangkit,” ucapnya.

Baca juga: Jaket Biru Sandiaga dan Optimisme Pemulihan Pariwisata

Dalam kunjungannya di Batam, Sandiaga akan meninjau Nongsa Point Marina, Dekranasda Batam, serta Padang Golf Sukajadi. Ia juga berkesempatan akan berdialog dengan sejumlah pelaku industri pariwisata. Dari Batam, Menparekraf akan berkunjung ke Bintan pada Sabtu (23/1/2020) ke Lagoy Bay dan Treasure Bay. (re)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *