Server PPDB Batam Lelet, Daftar Lewat Dua Link Ini

BatamEkbiz.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam akhirnya menyiapkan dua server untuk Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Batam jenjang SD. Kedua server itu adalah svr2.ppdbbatam.id untuk PPDB Kecamatan Sagulung, Nongsa, Lubuk Baja, dan Batuaji. Kemudian svr3.ppdbbatam.id untuk PPDB Kecamatan Batam Kota, Bengkong, Sei Beduk, Batu Ampar, dan Sekupang.

Kedua link ini khusus dibuka per hari ini, Selasa (8/6/2021). Pembagian kedua link server PPDB ini untuk memudahkan para orangtua dalam mendaftarkan anaknya di hari pertama PPDB tahun ini.

Sebelumnya, hari pertama PPDB di Kota Batam, Selasa (8/6/2021) pagi, server ppdbbatam.id sempat sulit diakses. Gangguan tersebut sempat dikeluhkan para orangtua yang ingin mendaftarkan anaknya masuk sekolah.

“Sudah beberapa kali mencoba akses website PPDB, tapi tak kunjung terbuka. Website-nya muter-muter terus,” keluh Marlon, salah satu orangtua yang akan mendaftarkan anaknya masuk SD Negeri di Batam Kota.

Keluhan yang sama juga disampaikan beberapa orangtua lainnya. Mereka tak bisa membuka laman PPDB Batam 2021 untuk jenjang SD.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Hendri Aluan, mengakui adanya kendala tersebut. Menurutnya, hal itu disebabkan karena laman diakses oleh banyak orang dalam waktu bersamaan.

“Saya harap orangtua bersabar dan tidak khawatir tidak bisa mendaftar,” kata Hendri saat dikonfirmasi media.

Dikutip dari laman Dinas Pendidikan Kota Batam, pendaftaran PPDB Batam jenjang SD bakal dibuka hingga 15 Juni dan pengumuman disampaikan 19 Juni 2021.

Sementara pendaftaran PPDB untuk jenjang SMP dibuka mulai 16 sampai 23 Juni 2021. Pengumuman penetapan peserta PPDB akan disampaikan pada 16 Juni 2021 dan daftar ulang di sekolah pada 28 hingga 30 Juni 2021.

Syarat umum pendaftaran PPDB Batam untuk jenjang SD yaitu pertama, berusia 7 tahun hingga 12 tahun. Kedua, paling rendah berusia 6 tahun tanggal 1 Juli tahun berjalan.

Ketiga, pengecualian, umur paling rendah 5 tahun 6 bulan pada 1 Juli tahun berjalan yang diperuntukkan bagi calon peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan yang dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional atau dewan guru. Keempat, sekolah yang berada di daerah hinterland dapat melebihi persyaratan usia dalam pelaksanaan PPDB. (r)