Server PPDB Batam Masih Ngadat, Pendaftaran SD dan SMP Difasilitasi Lewat WhatsApp

  • Whatsapp

Batam, BatamEkbiz.com – Hari keempat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online di Kota Batam masih terhambat. Server tetap tak bisa diakses, meski sudah diganti dari http://ppdb-batam.id menjadi https://ppdb-batam.id. Kini, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam memfasilitasi proses PPDB melalui WhatsApp.

“Pihak sekolah akan memfasilitasi orangtua untuk melakukan pendaftaran melalui WhatsApp ke nomor operator sekolah. Nomor WA operator dapat dilihat di spanduk yang terpasang di setiap sekolah,” demikian bunyi siaran pers mengenai PPDB SD dan SMP Negeri di Kota Batam, Sabtu (13/6/2020).

Bacaan Lainnya

Selain melalui WhatsApp, Disdik mengupayakan bantuan dengan menyiapkan Posko PPDB di Gedung Gurindam yang berada di lingkungan Kantor Disdik di Jalan Pramuka, Sungai Harapan, Kecamatan Sekupang. Pembukaan posko ini untuk membantu masyarakat melakukan pendaftaran dengan tetap mengikuti protokol kesehatan di masa Covid-19.

Disdik Batam juga menyediakan call centre di nomor 0778-324442 dan 0813 7112 0492 atau melalui email ppdbdisdikbatam@gmail.com.

Sementara itu sampai sekarang belum ada keterangan resmi dari Disdik Batam terkait penyebab tak bisa diaksesnya website PPDB secara online. Apakah karena kapasitas server atau hostingnya yang kecil, ketidaksiapan SDM di Disdik Batam, atau karena anggaran yang tidak memadai.

Padahal jauh-jauh hari Kepala Disdik Batam, Hendri mengaku sudah menyiapkan jaringan yang cukup agar tidak down saat terjadi kepadatan kunjungan pada website akibat login serentak.

“Jadi biar tidak lelet, kami sudah siapkan jaringan yang cukup untuk melayani proses pendaftaran nanti. Kami siapkan betul server dan sistemnya. Jangan sampai ada keluhan ketika pendaftaran dibuka,” kata Hendri menjelang pelaksanaan PPDB Batam secara online.

Kenyataannya, website bukannya lelet, tapi tak bisa diakses. Kondisi ini makin dikeluhkan para orangtua yang ingin mendaftarkan anaknya masuk SD dan SMP Negeri. Mengingat masa pendaftaran terbatas, hanya sampai 26 Juni 2020.

“Sejak tanggal 10 Juni kami menunggu, tapi website untuk pendaftaran siswa baru tetap saja tak bisa dibuka sampai sekarang,” keluh Ani, warga Tanjungpiayu yang ingin mendaftarkan anaknya masuk ke SDN 008 Seibeduk. (re)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *