SMA Terbaik di Kepri, Murid MAN Insan Cendekia Batam Diterima di Sejumlah Kampus Negeri
SMA terbaik di Kepri tahun 2021, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Batam

BatamEkbiz.com – Menjadi SMA terbaik di Kepri, murid Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Batam banyak diterima di sejumlah kampus negeri. Peringkat MAN Insan Cendekia Batam di Kepri naik dari tahun sebelumnya 2020 di posisi 3 menjadi posisi 1 di 2021.

Peringkat MAN Insan Cendekia Batam juga membaik, dari sebelumnya tahun 2020 peringkat 283 menjadi peringkat 126 nasional. Begitu juga untuk tingkat MA se-Indonesia, peringkat MAN Insan Cendekia naik dari sebelumnya posisi 14 menjadi peringkat 6.

Meningkatnya peringkat MAN Insan Cendekia Batam ini mengacu pengumuman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Lembaga ini merilis 1.000 SMA terbaik berdasarkan hasil nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021.

Berdasarkan penilaian itu, ada 8 SMA terbaik dari Kepri. Dari 8 SMA terbaik tersebut, 5 di antaranya adalah SMA di Batam. Kemudian 2 SMA di Tanjungpinang dan 1 di Bintan.

SMA terbaik di Kepri tersebut adalah MAN Insan Cendekia Batam dengan ranking 126 nasional. SMA Swasta Katolik Yos Sudarso Batam dengan ranking 135 nasional. SMA Negeri 3 Batam ranking 192, SMA Negeri 1 Batam ranking 384, dan SMA Negeri 5 Batam ranking 565 nasional. SMA Negeri 1 Tanjungpinang ranking 567 dan SMA Negeri 2 Tanjungpinang ranking 878 nasional. Serta SMA Negeri 1 Bintan Utara dengan ranking 985 nasional.

MAN Insan Cendekia Batam terletak di Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa. Madrasah binaan Kementerian Agama ini mulai menerima siswa baru pada tahun pelajaran 2016/2017. Pendirian MAN Insan Cendekia ini merupakan ikhtiar Kemenag dalam meningkatkan mutu lulusan madrasah yang berdaya saing dengan anak bangsa lainnya.

Baca juga: 8 SMA Terbaik di Kepri Versi Nilai UTBK

Penelusuran redaksi batamekbiz.com, sejumlah murid MAN Insan Cendekia Batam berhasil masuk sejumlah perguruan tinggi negeri pada 2021. Di antaranya di Fakultas Ilmu Komputer dan Sistem Informasi Universitas Indonesia. Kemudian di Fakultas Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Fakultas Manajemen dan Psikologi Universitas Negeri Malang. Fakultas Meteorologi Institut Pertanian Bogor dan Fakultas Perpajakan Universitas Brawijaya Malang. Fakultas Informatika di Universitas Negeri Semarang, Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Gorontalo, dan kampus negeri lainnya. (wan)