Syamsul Bahrum Pjs Walikota Batam Selama 71 Hari

  • Whatsapp
Pjs Gubernur Kepri Bahtiar saat memberikan arahan pada acara pengukuhan Pjs Walikota Batam, Bupati Karimun, Bintan, Lingga, dan Anambas di Tanjungpinang, Sabtu (26/9/2020).

Tanjungpinang, BatamEkbiz.com – Pejabat sementara (Pjs) Gubernur Kepri Bahtiar mengukuhkan Syamsul Bahrum sebagai Pjs Walikota Batam di Gedung Daerah Tanjungpinang, Sabtu (26/9/2020). Syamsul Bahrum merupakan Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Kepri.

Selain Syamsul Bahrum, Bahtiar juga mengukuhkan empat Pjs Bupati. Di antaranya Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Heri Andrianto sebagai Pjs Bupati Karimun. Ia merupakan putra almarhum Gubernur Kepri Muhammad Sani atau keponakan Gubernur Isdianto.

Bacaan Lainnya

Kemudian Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri Buralimar sebagai Pjs Bupati Bintan, Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Juramadi Esram sebagai Pjs Bupati Lingga, serta Staf Ahli Gubernur Kepri Eko Sumbaryadi sebagai Pjs Bupati Anambas.

“Laksanakan tugas sebaik mungkin. Tinggal di daerah masing-masing, sesuai dengan tempat tugas yang diberikan,” pesan Bahtiar.

Baca juga: Misi Ganda Pjs Gubernur

Pengukuhan kelima Pjs Walikota dan Bupati di Kepri itu dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri terhadap kepala daerah atau wakil kepala daerah petahana di kabupaten/kota di Kepri yang maju kembali dalam Pilkada. Karena ada kewajiban cuti sepanjang masa kampanye yang berdampak pada kekosongan kepala daerah.

Sebelumnya, saat penyerahan Keputusan Pengukuhan Pjs Gubernur, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengingatkan agar pejabat sementara kepala daerah yang telah ditunjuk ikut mendorong para kontestan pilkada menaati kewajiban protokol kesehatan. Terkait dengan kebijakan, pejabat sementara bisa berkoordinasi dengan pejabat yang sedang cuti.

“Tentunya penjabat sementara tidak bisa membuat kebijakan yang strategis, karena hanya 71 hari. Intinya koordinasi kalau mau membuat kebijakan-kebijakan yang penting, sehingga program-program yang sudah dibuat oleh pejabat yang sedang cuti itu tetap bisa berlanjut dan sepanjang itu positif, bangun hubungan baik dengan semua pihak,” ujarnya. (re)