Tagihan Listrik Melonjak, Ini Jawaban PLN Batam

  • Whatsapp

Batam, batamekbiz.com – Beberapa pelanggan yang telah melakukan pembayaran listrik mengeluhkan lonjakan tagihan bulan ini. Kenaikan tagihan listrik bisa lebih dari Rp100 ribu dibanding bulan-bulan sebelumnya.

“Entah kenapa tagihan listrik bulan ini lebih mahal. Sebelumnya cuma Rp400 ribuan, sekarang naik sampai Rp600 ribuan,” keluh N. Pasaribu, warga Tanjungpiayu, Kecamatan Seibeduk, Minggu (5/4/2020).

Bacaan Lainnya

Keluhan yang sama juga diungkapkan Kadir, warga Duriangkang. Tagihan listriknya pada bulan ini naik sekitar Rp50 ribu, dari bulan sebelumnya sekitar Rp340 ribu menjadi Rp390 ribuan.

“Padahal pemakaian biasa-biasa saja, kok bisa ya, tagihannya melonjak. Kata pemerintah tagihan listrik diskon hingga gratis, kok ini jadi naik?” kata Kadir, heran.

Manager Area Bright PLN Batam wilayah Batam Center, Benny Eka Putra menjelaskan, pada akhir Maret 2020 tepatnya 28-29 Maret 2020, pihaknya membuka layanan pencatatan mandiri menggunakan WhatsApp. Caranya dengan meminta kesediaan pelanggan mengirimkan foto angka stand kWh meter melalui nomor WhatsApp.

Kebijakan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19 melalui Work From Home dan Physical Distancing. Sehingga untuk pemakaian bulan Maret 2020, bright PLN Batam tidak melakukan pencatatan angka stand kWh meter.

“Untuk masyarakat yang tidak mengirimkan, kita lakukan penghitungan rata-rata pemakaian pelanggan 3 bulan terakhir, hasilnya secara hitungan matematika tidak akan jauh berbeda dengan realnya,” ujar Benny.

Terkait dengan selisih pembayaran, jelas Benny, pelanggan bright PLN Batam tidak perlu khawatir.

“Pelanggan tidak usah khawatir karena kelebihan tagih akan jadi “stand tunggu” pada periode bulan berikutnya (April 2020 ini) sehingga tagihan akan lebih kecil karena sudah lebih bayar di bulan ini,” ujarnya.

Benny mengatakakan jika pelanggan masih merasa ragu bisa menghubungi contact center 0778 123, menyampaikan angka stand pada hari yang bersangkutan, atau datang ke customer service kantor area terdekat dengan membawa foto saat itu dan bright PLN Batam akan melakukan koreksi sebelum pelanggan membayar. (re)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *