Tatib Pemilihan Wagub Kepri Disahkan

Tanjungpinang, BatamEkbiz.Com — DPRD Kepri mengesahkan tata tertib (tatib) pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) Kepri sisa masa jabatan dalam rapat paripurna pada Senin, 28 Agustus 2017. Selanjutnya, DPRD Kepri membentuk panitia pemilihan (Panlih) sebagai tahapan selanjutnya.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kepri, Surya Makmur Nasution mengatakan, dalam rangka membentuk pemerintah daerah yang efektif, representatif, dan pro-publik, peran sentral ini menjadi konsekuensi logis. Saat ini Kepri terjadi kekosongan Wakil Gubernur, sehingga dipandang perlu segera dilakukan pemilihan agar roda pemerintahan berjalan lebih efektif dan maksimal.

“Berpedoman kepada Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 pasal 176 ayat 1, maka mekanisme pemilihan Wakil Gubernur melalui DPRD berdasarkan usulan dari partai politik pengusung. Kami pihak pansus sudah melakukan penyempurnaan dari draf tata tertib tersebut berdasarkan rekomendasi dari Kemendagri,” ujarnya.

Politisi Partai Demokrat ini menjelaskan bahwa rancangan peraturan DPRD tentang Tata Tertib Pemilihan Wakil Gubernur tersebut telah siap untuk ditetapkan. Berdasarkan Surat Keputusan DPRD Provinsi Kepri Nomor 26 Tahun 2017, peraturan itu terdiri atas 13 bab dan 39 pasal.

“Mekanisme penyusunannya sudah melalui tahapan yang benar dan jelas sesuai aturan dan seluruh fraksi juga sudah menyatakan persetujuannya,” kata Surya Makmur.

Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak selaku pimpinan sidang mengatakan bahwa rancangan peraturan yang diusulkan ini dianggap penting untuk penyempurnaan penyelenggaraan pemerintahan di daerah.

“Sesuai undang-undang, kekosongan jabatan Wakil Gubernur yang saat ini Kepri alami harus segera diselesaikan demi terwujudnya roda pemerintahan yang efisien dan efektif,” ujarnya. (hms)