Temui Korban Puting Beliung, Amsakar Minta Lurah Data Kerusakan untuk Penyaluran Bantuan
Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, turun ke lokasi dan menemui warga terdampak musibah puting beliung di Tanjungriau, Minggu (30/5/2021).

BatamEkbiz.com – Angin puting beliung menerjang sejumlah rumah di Perumahan Ricci, Victoria, dan Devin di kawasan Marina City, Kelurahan Tanjungriau, Kecamatan Sekupang, Mingggu (30/5/2021) siang. Data sementara, terdapat 54 rumah terdampak dan rusak, mulai ringan, sedang, dan berat.

Siang itu, cuaca Batam memang sedang kurang bersahabat. Hujan deras disertai dengan angin kencang melanda sejumlah kawasan.

Tidak ada korban dalam musibah puting beliung tersebut, namun putaran angin yang kencang membuat atap-atap rumah berterbangan dan roboh. Jaringan listrik ke beberapa rumah terputus. Rusaknya sejumlah atap rumah itu terekam dalam sebuah video yang diunggah warga di media sosial.

Mendapat laporan terjadinya musibah tersebut, Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, langsung turun ke lokasi dan menemui warga terdampak. Selain memberi semangat kepada warga, Amsakar juga meminta Lurah segera mendata semua kerusakan untuk proses penyaluran bantuan.

“Saya minta Lurah segera mendata kategori kerusakan rumah yang dialami warga. Tadi juga kita datang memberi semangat warga, sekaligus Salat Magrib berjamaah,” ujar Amsakar.

Amsakar mengajak masyarakat tetap tenang dan waspada. Dengan selalu memantau peringatan dari BMKG untuk mengantisipasi jatuh korban akibat bencana alam.

Selain itu, Amsakar juga sudah menelpon PLN Batam agar sistem kelistrikan di lokasi tersebut segera dibenahi. Sehingga masyarakat bisa kembali nyaman dan tenang. Tak hanya itu, meski di tengah musibah, Amsakar terus mengingatkan agar warga menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: BMKG Waspadai Cuaca Buruk di Kepri

“Soal musibah angin puting beliung sudah kita pikirkan bagaimana penanganannya, untuk masalah Covid-19 ini masih jadi PR (pekerjaan rumah) kita bersama,” katanya. (re)