Tetap Aman dan Selamat Saat Berwisata
Disbudpar Batam menggelar sosialisasi di Hotel Travelodge Batam, Rabu (25 November 2020).

Batam, BatamEkbiz.com – Meski kasus positif Covid-19 cukup tinggi, namun Batam tetap menjalankan masa adaptasi kebiasaan baru. Salah satunya di sektor pariwisata dengan menerapkan sehat dan aman berwisata.

Di era adaptasi kebiasaan baru, menggulirkan lagi sektor pariwisata adalah kunci untuk membangkitkan perekonomian. Pelancong dari dalam negeri dan mancanegara bisa melepaskan penat, setelah berdiam berbulan-bulan di rumah. Ini juga akan memutar kembali perekonomian sektor pendukung pariwisata. Seperti hotel, travel, pegiat seni budaya, kuliner, produk oleh-oleh, transportasi, hingga pemandu wisata.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Batam juga gencar menyosialisasikan protokol kebersihan, kesehatan, keamanan, dan ramah lingkungan. Yakni memberlakukan protokol cleanliness, health, safety, and environment sustainability (CHSE) ini di destinasi pariwisata. Dalam sosialisasi di Travelodge Batam, Rabu (25/11/2020), Disbudpar mengajak pelaku usaha menerapkan wisata aman demi meyakinkan wisatawan datang.

Kabid Pengembangan dan Promosi Wisata Disbudpar Batam, Ratna Sari mengatakan, bisnis pariwisata sangat terdampak Covid-19. Bahkan, beberapa usaha pariwisata terpaksa tutup untuk mengantisipasi kerugian lebih banyak. Jika membandingkan dengan

2019 lalu, usaha pariwisata tahun ini sangat sulit.

“Tahun lalu kita menjadi penyumbang terbanyak wisatawan mancanegara di Kepri. Sumbangan ini mengantarkan Kepri menjadi provinsi terbanyak kedua kunjungan wisman di Indonesia setelah Bali,” kata Ratna.