Tiga Kandidat Berebut Dukungan PAN Kepri

  • Whatsapp
Tiga kandidat mengembalikan berkas perndaftaran ke Tim Penjaringan Cagub dan Cawagub Kepri. (Dari kiri ke kanan) Plt Gubernur Kepri Isdianto, Ketua Gerindra Kepri Iman Sutiawan yang diwakili timnya, dan Ketua PDIP Kepri Soerya Respationo.

Batam, BatamEkbiz.com – Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Kepri menggelar Penjaringan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur di Pilkada 2020. Proses penjaringan yang dibuka sejak Selasa hingga Jumat (23-26/6/2020) ini diikuti tiga kandidat.

Ketiga kandidat yang telah mendaftar dan mengembalikan berkas ke Tim Penjaringan Cagub dan Cawagub PAN Kepri adalah Plt Gubernur Kepri Isdianto, Ketua PDIP Kepri Soerya Respationo, dan Ketua Partai Gerindra Kepri Iman Sutiawan. Mereka mengambil formulir pendaftaran pada hari yang sama, Rabu (24/6/2020), di Kantor DPW PAN Kepri, Jl. Engku Putri, Ruko Trikarsa Blok C No. 7 Batam Centre. Namun para kandidat tidak datang sendiri, hanya diwakilkan kepada perwakilan tim masing-masing.

Bacaan Lainnya

Pengembalian formulir pendaftaran juga dilakukan ketiga kandidat pada hari yang sama, Jumat (26/6/2020) atau di hari terakhir penjaringan. Bedanya, Isdianto dan Soerya datang langsung mengantar berkas-berkasnya. Sedangkan Iman diwakilkan kepada timnya, Agus Wibowo.

Isdianto didampingi tim pemenangan mengembalikan dan menyerahkan kembali berkas pendaftaran pertama kali. Dalam sambutannya, Isdianto mengaku membutuhkan dukungan PAN untuk mewujudkan pembangunan di Kepri yang dinilainya masih banyak kekurangan.

“Yang telah menjabat lima tahun, sepuluh tahun saja masih belum tuntas pekerjaannya, apalagi saya yang belum lama memimpin. Maka itu, saya maju sebagai Cagub ingin membuktikan ke masyarakat adalah untuk kepentingan Provinsi Kepri, bukan kepentingan pribadi,” kata Isdianto.

Isdianto berjanji tak akan menyia-nyiakan PAN, jika mendukungnya di Pilgub Kepri. “Kami akan buktikan dukungan PAN tidak akan sia-sia,” janjinya.

Tim Ketua Partai Gerindra Kepri Iman Sutiawan, Agus Wibowo menyerahkan berkas pendaftaran ke Ketua Tim Penjaringan Cagub dan Cawagub PAN Kepri, Sukriadi, Jumat (26/6/2020).

Setelah Isdianto, Iman yang diwakili timnya tiba untuk mengembalikan berkas pendaftaran ke Tim Penjaringan PAN Kepri. “Pak Iman sedang di Jakarta, sehingga hari ini tak bisa datang langsung untuk mengembalikan berkas pendaftaran,” ujar Agus.

Menurut Agus, pihaknya menyambut positif program PAN dalam melakukan penjaringan Cagub dan Cawagub Kepri. Ia berharap terbentuk persepsi yang sama antara koalisi partai pengusung Soerya-Iman dengan PAN. Saat ini sudah tiga partai yang siap mengusung Soerya-Iman di Pilgub Kepri, yakni PDIP, Partai Gerindra, dan PKB.

“Mudah-mudahan PAN bisa ikut mendukung dan berkoalisi untuk Kepri yang lebih baik. Jika PAN bergabung, maka koalisi kita bisa lebih solid,” katanya.

Ketua PDIP Kepri Soerya Respationo menyerahkan berkas pendaftaran ke Ketua Tim Penjaringan Cagub dan Cawagub PAN Kepri, Sukriadi, Jumat (26/6/2020).

Terakhir, giliran Soerya Respationo mengembalikan dan mengantarkan langsung formulir pendaftaran ke kantor DPW PAN Kepri. Soerya datang didampingi para pengurus DPD PDIP Kepri, seperti Jumaga Nadeak, Saproni, dan Jamsir.

“Kedatangan saya yang langsung menyerahkan sendiri formulir pendaftaran pada hari ini, tentunya sebagai rasa penghormatan saya terhadap Partai PAN. Saya berharap terbangun kolaborasi dengan PAN untuk bersama-sama membangun Kepri,” kata Soerya dalam sambutannya.

Kehadiran ketiga kandidat untuk menyerahkan dan mengembalikan formulir pendaftaran disambut langsung jajaran Pengurus DPW PAN Kepri. Di antaranya Ketua Tim Penjaringan Cagub dan Cawagub yang juga Sekretaris DPW PAN Kepri Sukriadi dan Sekretaris Tim Mohommad Tanzir.

Kepada batamekbiz.com, Sukriadi menjelaskan bahwa tim segera melakukan verifikasi kelengkapan berkas pendaftaran yang telah dikembalikan oleh para kandidat. Jika masih ada berkas yang kurang, tim akan meminta kandidat untuk segera melengkapinya.

“Kami memberikan waktu kepada para bakal calon untuk melengkapi, jika ada berkas yang kurang. Nanti akan kita hubungi bakal calonnya,” ujar Sukriadi.

Menurut Sukriadi, proses verifikasi kelengkapan berkas para bakal calon ini akan dilakukan hingga beberapa hari ke depan. Pihaknya juga sedang menunggu hasil penjaringan yang dilakukan oleh PAN di tingkat kabupaten/kota yang ada di Provinsi Kepri.

“Nanti kita satukan, kemudian kita plenokan untuk kita kirim hasilnya ke DPP PAN,” tuturnya. (zk)