Tour de Barelang 2016 Minim Penonton

  • Whatsapp

Sekupang, BatamEkbiz.Com – Gelaran Tour de Barelang 2016 di Batam tak diminati masyarakat. Minimnya kehadiran warga Batam dalam balapan yang diikuti 214 pebalap dari 23 negara ini sempat dikritik Perwakilan Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan Dusep Mulya.

“Dispar (Dinas Pariwisata) Batam harus meningkatkan sosialisasi. Penonton sepi, beda dengan di Bintan,” katanya usai┬ámelepas peserta Tour de Barelang 2016 di Pelabuhan Internasional Sekupang, Sabtu, 14 Mei 2016 yang dimulai sekira┬ápukul 07.45 tersebut.

Bacaan Lainnya

Hari hujan menjadi alasan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Batam Yusfa Hendri menanggapi sepinya penonton dalam kegiatan tersebut. “Tempatnya (pelabuhan) juga bukan di area publik. Lihat besok, di Engku Putri,” dalihnya.

Yusfa membeberkan, peserta terbanyak dalam kegiatan ini berasal dari Singapura, 53 pebalap. Disusul Inggris dengan 46 pebalap dan Australia 36 pebalap. Selebihnya adalah pebalap dari Indonesia, Swedia, Belgia, Norwegia, Amerika, Belanda, Perancis, Spanyol, Filipina, Afrika Selatan, Selandia Baru, Kanada, India, Swiss, dan Irlandia.

“Indonesia sendiri hanya menurunkan 20 pebalap,” ujarnya.

Yusfa menjelaskan, ajang balap sepeda internasional ini berlangsung selama dua hari, hingga Minggu, 15 Mei 2016. Tour de Barelang terdiri dalam dua jenis kegiatan, yaitu Race pada Sabtu dan Granfondo pada Minggu.

Kegiatan Race yang menempuh jarak 130 km itu dibagi dalam tiga kategori, sesuai dengan kecepatan peserta mengayuh sepeda. Balapan dimulai dari Pelabuhan Internasional Sekupang, menuju Jembatan 1,2,3 dan 4 Barelang, kemudian ke Pulau Sembulang melalui Jembatan 5 dan enam, kemudian memutar kembali ke jembatan 1.

Sedangkan untuk kegiatan Granfondo dibagi dalam empat kategori dan mengambil start di Alun-alun Engku Putri menuju Simpang Kepri Mall, kemudian ke Jembatan 1,2,3,4,5 dan 6 Barelang, memutar dan kembali ke Jembatan 1.

“Total jarak tempuhnya mencapai 90 km,” kata Yusfa. (R05)