Trans Batam Layani Rute Piayu Laut-Batam Centre

  • Whatsapp

Seibeduk, BatamEkbiz.Com – Masyarakat Tanjungpiayu, Kecamatan Seibeduk akhirnya mendapatkan pelayanan transportasi massal yang murah dan nyaman dengan Trans Batam. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam sudah menggagas rute Tanjungpiayu-Batam Centre sejak empat tahun lalu dan baru terealisasi pada tahun ini. Rencana pembukaan jalur bus Trans Batam Tanjungpiayu pada 2012 lalu juga diikuti dengan pembangunan halte.

Rabu (23/3/2016), Trans Batam melakukan uji coba rute Tanjungpiayu-Batam Centre. Jika selama ini masyarakat harus mengeluarkan ongkos minimal Rp10.000, dengan Trans Batam cukup Rp4.000, hemat lebih dari 50%.

Bacaan Lainnya

“Rencananya rute Tanjungpiayu-Batam Centre dilaunching pada 1 April mendatang dan akan beroperasi mulai pukul 07.00 sampai 17.00,” kata Kepala UPT Trans Batam Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam Madian.

Tahun ini Pemko Batam menerima bantuan 45 bus dari pemerintah pusat. Bus-bus itu akan melayani rute baru yang selama ini hanya didominasi angkot yang sudah tak layak jalan.

Madian menjelaskan, ada lima bus berkapasitas 233 tempat duduk yang akan dioperasikan untuk melayani rute baru Trans Batam Tanjungpiayu-Batam Centre. Trayeknya mulai dari Batam Centre-Panbil-Mukakuning-SMPN 16 Batam-Simpang Bagan-dan Tanjungpiayu Laut.

Selama masa ujicoba, Dishub membuka masukan dari masyarakat maupun penumpang terkait lokasi naik turun penumpang, waktu tempuh, dan jam operasional. Masukan dapat idlakukan melalui call centre dan facebook Trans Batam. Bahan masukan dari penumpang akan dijadikan pertimbangan untuk menyempurnakan pelayanan.

Nurdin, warga perumahan GMP, Kelurahan Duriangkang mengaku senang dengan pengoperasian Trans Batam yang melayani rute Tanjungpiayu. Selama ini masyarakat sangat membutuhkan transportasi massal alternatif yang aman, nyaman, dan murah. Transportasi massal ini tidak hanya dibutuhkan para pekerja, tapi juga anak-anak sekolah.

“Kami berharap lokasi naik dan turun penumpang bisa dibangun di titik-titik simpul penumpang, seperti simpang perumahan GMP atau Kampung Bagan, Simpang Mangsang, Simpang Bidaayu, Simpang Bukit Kemuning,  SMPN 16, SMPN 40, dan Tanjungpiayu Laut,” katanya. (R04)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *