Trip of Indonesia Paralayang di Pelangi Nusantara Second Floor Fest 2021
Trip of Indonesia Paralayang di Batam

BatamEkbiz.com – Trip of Indonesia Paralayang akan memeriahkan gelaran Pelangi Nusantara Second Floor Fest 2021. Kegiatan ini akan berlangsung di Bukit Gendang Sembulang, Barelang Kota Batam pada 25-28 November 2021.

Komandan Lanud Hang Nadim Letnan Kolonel Penerbang (Letkol Pnb) Iwan Setiawan menjelaskan agenda gelaran tersebut. Menurutnya, kegiatan ini akan melombakan beragam aksi dirgantara. Di antaranya paralayang, paramotor, drone exhibition, dan lomba layang-layang.

Selain itu panitia juga menggelar Batam Expo, lomba foto, penghijauan, bakti sosial, dan Melayu Exhibition.

“Tanggal 25 November para peserta Trip of Indonesia Paralayang sudah tiba di Batam. Mereka akan mengikuti pembukaan pada tanggal 26 November pagi, dilanjutkan dengan perlombaan,” kata Letkol Iwan.

Paralayang merupakan olahraga yang muncul sekitar tahun 1980-an. Kejuaraan dunia pertamanya berlangsung pada tahun 1989 di Kossen, Austria. Olahraga ini identik dengan lepas landas dari sebuah bukit lereng dengan memanfaatkan angin.

Letkol Iwan mengatakan, Pelangi Nusantara memilih Batam sebagai tempat penyelenggaraan lomba paralayang karena memiliki bukit yang eksotik. Lereng di Bukit Gendang Sembulang ini memiliki posisi 360 derajat, sehingga bisa melompat ke arah mana saja.

“Saat kita uji cobapun, Batam satu-satunya tempat, saat kita meloncat bisa naik keatas,” katanya.

Ia berharap melalui even Pelangi Nusantara ini, warga Batam bisa lebih mengenal olahraga paralayang. Sehingga mendorong munculnya atlet-atlet paralayang di Batam serta dapat meningkatkan ekonomi Warga Batam dan sekitarnya. (re)

Baca juga: Ada Rumah Tarzan di Wisata Lembah Pelangi Batam