Wapres JK buka Kongres HMI ke-29 di Riau

  • Whatsapp

Pekanbaru, BatamEkbiz.Com — Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) membuka Kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ke-29 di Pekanbaru, Provinsi Riau. Mengenakan pakaian batik biru, JK didampingi oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Sofyan Djalil, Menteri Ristek dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir, Menteri Pembangunan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi, dan Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursidan Baldan.

Dalam sambutannya, JK berpesan agar HMI lebih inovatif dan berbudaya dalam mencari dana kongres yang menyedot anggaran hingga Rp7 miliar itu.

Bacaan Lainnya

“HMI di zaman (saya) dulu menggelar acara dengan berjualan kue. Kita ini sudah berbeda zaman, dulu tidak ada kongres, hanya bikin pertunjukan saja,” kata JK saat membuka Kongres HMI di Pekanbaru, Minggu (22/11/2015).

Tak hanya menyindir HMI Riau selaku panitia kongres, Ketua HMI Cabang Makassar periode 1965-1966 ini juga menyentil semua pengurus besar HMI.

“Ini Ketua PB HMI M Arif sibuk bikin proposal saja,” kata dia disambut tawa hadirin.

Wapres juga mengimbau HMI tidak mendahulukan amarah dan tindakan protes anarkis dalam menyampaikan keinginan, namun menggunakan akal dan logika yang baik.

“Tanpa itu negara tidak akan maju, tanpa inovasi suatu negara akan terbelakang. Itulah yang mendasari HMI,” tegas JK.

JK berharap masyarakat dan pemuda Islam dapat lebih memberikan peran dan turut serta dalam pembangunan, seperti melalui usaha di bidang ekonomi.

Kongres HMI akan berlangsung mulai 22-26 November 2015. Selain memilih Ketua Umum baru, kongres juga akan merespon isu-isu strategis, antara lain terkait isu ekonomi kawasan, isu radikalisme dan terorisme, serta laju pertumbuhan teknologi yang semakin cepat.

Dalam kongres kali ini, HMI juga menjalin kerjasama dengan maskapai penerbangan Lion Air sebagai Official Airlines. Bentuk kerjasama ditunjukkan dengan pemasangan logo kongres HMI ke-29 pada badan pesawat Lion Air.

Menurut Presiden Direktur Lion Air Group, Edward Sirait, dukungan kepada HMI sebagai bentuk komitmen perusahaannya dalam membangun dan memajukan organisasi pemuda di Indonesia.

“Suatu kebanggaan dan kehormatan bagi kami keluarga besar Lion Air Group telah mendapatkan kepercayaan sebagai Official Airline untuk HMI yang merupakan salah satu organisasi terbesar dan tertua di Indonesia. Kami berharap kongres yang akan diselenggarakan nanti dapat berjalan lancar, tertib, aman serta mencapai hasil yang diharapkan,” tuturnya.

Sementara itu, Menteri Agraria dan Tata Ruang RI Ferry Mursyidan Baldan yang juga merupakan pengurus Korps Alumni HMI (KAHMI) mengatakan bahwa dukungan Lion Air terhadap HMI harus dimanfaatkan dengan baik oleh para kader HMI.

“Ini adalah kesempatan yang sangat baik. Para kader HMI harus belajar dari kerjasama ini. Oleh karena itu hubungan harus selalu terjaga agar kita terus mendapat dukungan,” ujarnya pada saat membawakan sambutan.

Ferry juga berpesan kepada seluruh kader HMI yang akan mengikuti kongres agar tetap menjaga etika dan tata krama agar tercipta kesan yang baik bagi masyarakat.

Ketua Umum PB HMI, M Arief Rosyid Hasan menyatakan bahwa dukungan Lion Air terhadap HMI merupakan sebuah langkah besar. “Ini adalah sejarah baru bagi HMI, dengan dukungan ini HMI naik kelas,” katanya.

“Lion Air telah membuka ruang bagi kami, ini adalah sebuah dukungan yang luar biasa. Baru kali ini kongres HMI membiayai semua peserta kongres. Oleh karena itu saya berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu, terkhusus kepada pimpinan Lion Air,” ujarnya.

Pada acara yang sama, mantan Ketua Umum PB HMI periode 1971-1974 Akbar Tanjung mengapresiasi kerjasama antara Lion Air dan HMI. Dia menyatakan dukungan terhadap kerjasama tersebut. “Kita apresiasi atas apa yang telah dilakukan pengurus HMI dan Lion Air, saya kira ini adalah hal yang baik yang patut didukung,” ungkap Akbar dalam sambutannya. (R03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *