Warga Duriangkang Keluhkan Debu Truk Pengangkut Tanah

  • Whatsapp
Truk pengangkut tanah
Hilir mudik truk pengangkut tanah di jalan Pancur Pelabuhan dan Pancur Baru, Kelurahan Duriangkang, Sabtu (17/10/2020).

Batam, BatamEkbiz.com – Warga Kecamatan Sei Beduk mengeluhkan aktivitas truk-truk besar pengangkut tanah di kawasan Perumahan Rhabayu dan Bukit Barelang, Kelurahan Tanjungpiayu serta di atas Kantor Lurah Duriangkang. Hilir mudik truk pengangkut tanah tanpa penutup dan tanpa ada penyiraman ini telah menimbulkan debu tebal di kios-kios pinggir jalan dan rumah-rumah warga.

Para pengendara yang melintas pun terpaksa menutup hidung dan agak memejamkan mata saat berada di belakang truk atau berselisih jalan dengan truk pengangkut tanah. Warga Pancur Baru dan Pancur Pelabuhan sudah mengalami kondisi ini sejak sebulan terakhir.

“Sudah beberapa minggu ini lalu lalang truk-truk pengangkut tanah. Tak ada disiram, sehingga debu berterbangan kemana-mana,” keluh Kadir, warga Pancur Baru, Kelurahan Duriangkang, Sabtu (17/10/2020).

Warga lainnya, Armin, juga mengeluhkan dampak debu akibat aktivitas truk-truk pengangkut tanah di sekitar Kantor Lurah Duriangkang tersebut. Selain membikin kotor, juga membuat pengendara dan warga sekitar terganggu.

truk pengangkut tanah
Hilir mudik truk pengangkut tanah di jalan Pancur Pelabuhan dan Pancur Baru, Kelurahan Duriangkang, Sabtu (17/10/2020).

“Tak sedikit pengendara motor yang terpaksa menghirup debu ataupun pandangannya menjadi terhalang akibat debu dari truk-truk pengangkut tanah itu,” keluhnya.

Armin berharap pihak-pihak terkait dapat menertibkan aktivitas truk-truk tanah tanpa ada penyiraman tersebut. Jika tidak, ia khawatir dampaknya terhadap kesehatan warga dan potensi terjadinya persoalan di masyarakat nantinya.

“Setiap hari truk-truk pengangkut tanah ini lalu lalang di depan Kantor Lurah Duriangkang, masa Lurah dan Camat Sei Beduk cuek saja dengan kondisi tersebut. Kami minta pihak terkait segera merespon keluhan para warga tersebut,” katanya.

Baca juga: Warga Resah, Jalan Tanjungpiayu Jadi Arena Balap Liar

Saat ini di kawasan Perumahan Rhabayu dan Bukit Baraleng, Kelurahan Tanjungpiayu, Kecamatan Sei Beduk, memang terlihat sedang ada pembangunan. Di kawasan itu beberapa truk terlihat melakukan penimbunan dan pemerataan lahan.

Kondisi yang sama juga terjadi di sekitar Kantor Lurah Duriangkang. Aktivitas itu baru berhenti saat kondisi hujan deras. (re)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *