Warga Kaget Tagihan Listrik di Batam Naik Tak Wajar

  • Whatsapp

Batam, BatamEkbiz.com – Jika hari ini Anda mengecek tagihan listrik Batam, mungkin bakal terperanjat. Penyebabnya, bisa jadi tagihan listrik bulan ini naik tak wajar.

Kenyataan tersebut dikeluhkan beberapa warga Batam, terutama melalui media sosial. Mereka kaget saat mengecek tagihan listrik, jumlahnya melonjak drastis, hingga lebih dua kali lipat dari sebelumnya.

Bacaan Lainnya

Angga misalnya, bulan Mei lalu tagihan listriknya sekitar Rp640 ribu. Namun pada bulan Juni ini, tagihan listriknya mencapai Rp1,3 juta.

“Super nyesek cuy, tagihan listrik bengkak. Aku terperanjat,” kata warga Perumahan Laguna, Kelurahan Tanjungpiayu, Kecamatan Sungai Beduk ini dengan wajah kaget, Rabu (3/6/2020).

Kenyataan serupa juga dialami Alan. Bulan lalu tagihan listriknya hanya sekitar Rp450 ribu. Tapi tagihan listrik bulan ini, meroket hampir tiga kali lipat, sekitar Rp1,1 juta.

“Saya tiga bulan belakangan bayar tak sampai Rp500 ribu (per bulan),” ungkap warga Baloi Harapan, Sungai Panas ini.

Dua bulan terakhir, bright PLN Batam memang tidak menurunkan petugas catat meter untuk melakukan pencatatan meteran pelanggan. PLN Batam meminta pelanggan di Batam melakukan pencatatan mandiri dan mengirimkan foto pemakaian Kwh secara online. Jika tidak, maka hitungan penggunaan listrik ditetapkan secara rata-rata selama 3 bulan terakhir.

Kebijakan tersebut diduga menjadi penyebab melonjaknya tagihan listrik pelanggan pada bulan ini. Melonjaknya tagihan listrik ini juga sempat dikeluhkan para pelanggan di Batam pada April lalu. Namun PLN Batam berhasil mengelak dan justru meminta pelanggan untuk menyampaikan keluhan melalui di nomor contact centre.

“Mereka memang bertugas menangani keluhan kelistrikan PLN Batam yang melayani 24 jam,” jawab Corporate Secretary bright PLN Batam, Denny Hendri Wijaya kepada wartawan media online di Batam.

Redaksi batamekbiz.com sudah berupaya meminta konfirmasi terkait keluhan pelanggan atas terjadinya kenaikan di luar batas kewajaran pada tagihan listrik bulan ini. Namun hingga berita ini diturunkan, baik Denny maupun Humas bright PLN Batam, Furqon, tak kunjung memberikan jawaban. (re)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 Komentar

  1. Bulan yg lalu saya kirim stand meteran
    Via WA. tetapi bulan ini saya mau ngirim tidak bisa lagi. Saya minta info dari PLN kata nya aplikasinya sdh ditutup. Karna sdh ada petugas pencatat meteran. Ternyata tadi pagi saya cek tagihan bulan ini naik tidak wajar. Bln lalu 700 ribuan.
    Bulan ini menjadi 1.960.997.
    Stand meteran tertanggal 25.5.2020. …. (64925)
    Stand meteran saya cek / foto hari ini tertanggal 4.6.2020. … (64029)
    Jadi kalo menurut saya ini bukan karna kita tidak mengirim foto stand meteran.
    Kenapa angka ..0 dimeteran bisa berobat menjadi angka 9.. apa itu salah kita atau salah yg mencatat meteran atau petugas yg mengikut data..
    Kenapa hal ini tejadi ďisaat masyarakat sdg dlm kekurangan/susah
    Mohon dianalisa sendiri.
    Terima kasih

  2. Apa apaan ini
    Kenapa kami rakyat kecil semakin di tindass,
    Penghasilan tak seberapa,namun kami harus membayar tagihan listrik yg tidak masuk diakal ini.
    Dimana hati dan pikiran kalian wahai sang p

    enguasa.