Wayang Digital Meriahkan Festival Siberkreasi 2020
Siberkreasi Netizen Fair 2020

Jakarta, BatamEkbiz.com – Festival tahunan Siberkreasi Netizen Fair (SNF) 2020 berlangsung dari tanggal 11 sampai 12 Desember 2020. Beragam acara memeriahkan festival virtual ini, seperti wayang digital, virtual talks, virtual music, jaipong, dan aneka games.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate mengajak masyarakat menyebarkan semangat positif dan kreatif di dunia digital. Ia berharap kegiatan ini bisa meningkatkan kesadaran literasi digital guna mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Marilah kita terus meningkatkan kesadaran pemanfaatan TIK ini dengan penuh tanggung jawab. Sebarkan semangat positif dan kreatif ke sesama,” ujar Menteri Johnny saat membuka SNF 2020.

Ketua Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi Yosi Mokalu menyatakan SNF adalah perayaan kolaborasi siberkreasi. Pihaknya merancang acara ini dengan melibatkan sebanyak mungkin anggota (mitra) Siberkreasi dan pegiat literasi digital di seluruh Indonesia.

“Termasuk beberapa publik figur yang kompeten berdasar dari jejak kegiatan digital mereka,” jelasnya.

Yosi mengaku merancang kemasan acara sarat akan pesan literasi digital. Mulai dari kelas literasi digital, hiburan, perlombaan dan penghargaan kepada content creators dari berbagai platform sosial media.

“Jadi, ini sebuah selebrasi online yang sarat edukasi, tapi kaya apresiasi dan aksi, sehingga semua tertarik berpartisipasi,” tegasnya.

Menurut Yosi, pandemi boleh saja membatasi ruang gerak aktivitas secara offline. Namun masyarakat Indonesia masih bisa dan terus berkarya serta berdaya secara online.

Baca juga: Festival Diskon Nasional, Beli Satu Tumbuh Seribu

“Untuk itulah Siberkreasi Netizen Fair 2020 hadir kembali secara virtual, guna memenuhi kebutuhan literasi digital para warganet. Khususnya kaum millenial dalam meningkatkan kemampuan dan wawasan digitalnya dengan konten-konten kreatif dan positif. Sehingga dapat berdaya dari rumah di masa Pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Sebelumnya, SNF sukses dengan tema “Netizen Berkarya, Cerahkan Dunia Maya” di tahun 2017. Kemudian tema “Make Social Media Fun Again” di tahun 2018 dan “Creator Generation” di tahun 2019.

“Pada tahun 2020 Siberkreasi mengusung tema “Stay Creative, Stay Positive” yang berlangsung secara virtual,” katanya. (re)