Zhong Shanshan, Pria Terkaya Asia Karena Vaksin

BatamEkbiz.com – Zhong Shanshan menjadi orang terkaya baru di Asia setelah kekayaannya bertambah hingga US$7 miliar (Rp98 triliun) tahun ini. Dari sebelumnya US$70,9 miliar tahun ini menjadi US$77,8 miliar.

Nama Zhong Shanshan mungkin kalah terkenal dengan Jack Ma, Pony Ma, ataupun Mukesh Ambani di jajaran taipan Asia. Namun demikian, Zhong berhasil menggeser dan menjadi orang terkaya peringkat satu di Asia.

Tambahan pundi-pundi hingga US$7 miliar itu menjadikan kekayaan Zhong melompati Mukesh Ambani dari India dan Jack Ma dari China. Ia menjadi orang terkaya ke-11 di planet ini dan pertama di Asia, menurut Bloomberg Billionaire Index.

Mengutip Bloomberg, Jumat (1/1/2021), karir pria dengan julukan “serigala tunggal” ini merambah mulai dari sektor jurnalisme, pertanian jamur, dan perawatan kesehatan. Kenaikan kekayaannya terbilang sangat cepat cepat sepanjang sejarah dunia.

Zhong seolah melawan arus global, di mana banyak taipan terkapar karena kekayaannya harus terkoreksi akibat pandemi Covid-19. Zhong yang sekarang berusia 66 tahun tidak terlibat dalam politik di China dan kepentingan bisnisnya tidak terkait dengan keluarga kaya lainnya.

Baca juga: Laut China Selatan Memanas, Empat Kapal Perang Disiagakan di Natuna

Menurut Bloomberg, kesuksesan pria asal China ini dalam mengumpulkan kekayaan berasal dari dua bisnis yang saling tidak berkaitan. Pertama, Zhong memiliki bisnis pembuatan vaksin Covid-19 yakni Beijing Wantai Biological Pharmacy Enterprise Co. Selain itu, dia juga memiliki lini bisnis yang menggiurkan dari sektor pembuatan air kemasan, yakni Nongfu Spring Co.

Sepanjang tahun ini saham Nongfu telah melonjak hingga 155 persen sejak debut mereka. Sedangkan Wantai naik lebih dari 2.000 persen. Beberapa pengamat menilai, naiknya Zhong sebagai orang terkaya dunia tak lepas dari fenomena konflik Jack Ma dan pemerintah China. (re)